Sabtu, 26 November 2016

Robot Sphero Star Wars BB-8 Droid


Seiring dengan keumunculan film box office Star Wars: The Force Awakens dipenghujung tahun 2015 kemarin, ada sebuah “mainan” robot bertema Star Wars yang mendadak terkenal. Robot pintar dan canggih ini bernama Sphero BB-8.
Sphero BB-8 bisa dikatakan sebuah mainan karena fungsinya yang memang menghibur. Tapi lebih dari sekadar mainan biasa, robot pintar ini bisa dikendalikan menggunakan smartphone berbasis iOS dan Android melalui sebuah aplikasi. Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukannya.
Robot Sphero BB-8

Pengguna bisa menggerakan bola secara 3 dimensi. Awalnya pemain akan dituntun dengan berbagai macam panduan, dari menghubungkan BB-8 dengan ponsel sampai menggerakan si robot bola ini. Semuanya relatif mudah untuk diikuti.
Menggerakan BB-8 mungkin awalnya akan sulit, namun seiring waktu pemain akan terbiasa dan bahkan bisa ketagihan menggerakan BB-8. Seperti mainan remote control, tetapi memiliki cara berjalan yang berbeda dan tentunya lebih canggih, karena memiliki banyak fitur.
Misalnya fitur pengenalan suara, pesan hologram dan tombol khusus untuk memanggil BB-8 ke arah pengguna. 



Selain BB-8, Sphero juga memiliki produk lain bernama Ollie yang bisa menggelinding dengan sangat lincah. Kabar baiknya, robot-robot pintar dan canggih ini kini sudah tersedia resmi di Indonesia. Sphero menggandeng Halo Robotics sebagai distributor resminya serta Metro Department Store sebagai marketplace untuk penjualannya.


Robot Sphero SPRK 



Detail Kerangka Dalam Robot Sphero SPRK



Jajaran robot pintar Sphero ini dijual mulai dari harga Rp1,8 juta hingga Rp2,9 juta. Nantinya Sphero bakal menciptakan robot pintar lainnya yang identik dengan tokoh film besutan Disney. Selain memproduksi robot, Sphero juga turut berpartisipasi mengembangkan program SPRK (schools, parents, robots, kids) untuk sarana belajar robotika bagi pelajar.




Sumber:

https://www.droidlime.com/artikel/robot-pintar-star-wars-sphero-bb-8-resmi-masuk-indonesia.html
https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/review-bb-8-mainan-canggih-menyambut-star-wars-the-force-awakens




Tidak ada komentar:

Posting Komentar