Minggu, 27 November 2016

Perbedaan RAM dengan ROM

RAM (Random Access Memory)

Fungsi RAM secara sederhana adalah sebagai media simpan sementara yang digunakan hanya saat computer menyala. Dalam artikel sebelumnya mengenai memori kita sudah membahas secara sekilas bahwa RAM adalah termasuk memori yang bersifat sementara / temporer. Berikut ini adalah fungsi-fungsi lain dari RAM:
1. RAM dapat serta di tulisi data kapan saja asal komputer dapat berjalan dengan adanya daya.
2. RAM entah itu berupa data, program yang sedang berjalan akan hilang dengan sendirinya, ketika komputer dimatikan atau dalam keadaan tidak nyala.
3. RAM tidak akan menyimpan data, ketika tidak ada daya. Hal itulah yang menyebabkan data yang ada pada RAM secara otomatis akan hilang, jika tidak terdapat daya.
4. RAM kebanyakan berwujud IC atau Integrated Circuit.
5. Biasanya orang membeli RAM tambahan yang di pasang guna untuk menambah kinerja optimal komputer atau laptop saat menjalankan banyak program atau aplikasi.



ROM (Read Only Memory)

ROM (Read Only Memory) adalah suatu perangkat keras pada komputer atau PC yang berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM (Random Access Memory), walaupun keduanya mempunyai kesamaan yaitu dapat diakses secara acak atau random.
Berikut ini adalah fungsi-fungsi ROM:
1. Pengisian data, informasi program memerlukan proses yang tidak semudah dan fleksibel cara penulisannya pada RAM. Biasanya data yang ada atau program sudah diisi oleh pabrik.
2. ROM dapat menyimpan data walaupun tidak membutuhkan daya atau ketika komputer sedang tidak menyala.
3. ROM ini bersifat permanen. Tidak mudah hilang walaupun komputer di matikan atau mendadak mati sendiri.
4. ROM tidak dapat diisi atau di tulisi data sewaktu. Pada umumnya ROM digunakan juga untuk firmware yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perankat keras pada komputer. Contohnya adalah ROM BIOS yang berisi tentang program dasar sistem komputer.
ROM BIOS berfungsi untuk menyiapkan semua peralatan atau komponen yang sudah terpasang pada komputer, laptop ketika komputer dinyalakan.
5. ROM modern atau buatan saat ini biasanya sering ditemukan dengan bentuk Integrated Circuit.









Sumber:
http://komputerhpgadget.blogspot.co.id/2015/07/pengertian-ram.html
http://www.pengertianku.net/2014/10/pengertian-rom-dan-fungsinya-beserta-cara-kerjanya.html
http://tech.dbagus.com/perbedaan-ram-dan-rom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar