Selasa, 07 Januari 2014

Manfaat Kacang Almond

Almond (Prunus dulcis), adalah tanaman asli Timur Tengah, buahnya sebenarnya bukan merupakan kacang, namun merupakan buah berbiji yang terdiri dari kulit luar yang diselubungi cangkang keras. Almond biasanya dijual dalam bentuk masih bercangkang atau juga dengan cangkang yang yang sudah dilepas.
Meskipun almond berasal dari Timur Tengah, akan tetapi kini banyak negara banyak yang membudidayakannya, antara lain Amerika Serikat, Spanyol, Siria, Italia, Iran, Maroko, Turki, dan China.
Badam, Amandel atau Almond adalah bagian dari subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tumbuhan ini berada di klasifikasi yang sama dengan persik dalam subgenus Amygdalus di dalam Prunus. Buah badam merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon Prunus dulcis
Jika biasanya buah Prunus dilapisi oleh daging buah yang manis seperti yang ada pada prem dan ceri, pada buah badam digantikan oleh pelapis dengan tekstur seperti bahan kulit, yang di dalam cangkang kerasnya mengandung biji yang dapat dimakan, biasanya disebut sebagai kacang.
Almond dapat dikonsumsi secara langsung, dan juga dengan diolah. Irisan almond dapat ditambahkan pada es krim, coklat, atau kue. Almond dapat pula dibuat menjadi "susu almond", terutama diperuntukkan bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa dan juga vegetarian.
Almond mengandung 49% minyak, dimana tersusun atas 62% asam lemak omega-9, 24% asam lemak omega-6, dan 6% asam palmitat. Oleum amigdalae, adalah sejenis minyak yang diperoleh dari almond, yang tergolong gliseril oleat. Minyak ini memiliki aroma ringan dan berasa kacang, tidak larut alkohol, namun mudah larut dalam kloroform atau eter.

Nutrisi dari almond
:
- Tinggi Asam Oleic yang membantu tubuh memerangi penyakit jantung koroner dan menurunkan tekanan darah.
- Antioksidannya menghilangkan racun radikal bebas dari kulit dan selaput.
- Kacang ini kaya akan vitamin E sebagai antioksidan ganda. Dalam 100 gram kacang almond, terdapat 25 gram vitamin E.
- Almond tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Oleh karena itu almond mampu mengurangi angka kolesterol dalam tubuh dan risiko jantung.
- Mengandung banyak mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, besi dan seng. Kalsium merupakan mineral yang paling dibutuhkan tubuh untuk memperkuat kondisi tulang dan gigi sehingga terhindar dari osteoporosis.
- Asam folat pada kacang almond sangat baik bagi ibu hamil untuk menghindari risiko cacat pada bayi.
- Terdapat juga zat fitokimia yang hanya berasal dari tumbuhan sebagai pelindung tubuh dari kanker dan jantung.
- Hampir semua keluarga vitamin B terdapat di dalamnya seperti riboflavin, tiamin, asam pantothenic dan vitamin B6.

Manfaat almond untuk kesehatan:
- Almond mentah dan minyak almond telah diteliti dan dianggap sebagai yang paling baik untuk otak. Dengan mengonsumsi beberapa kacang almond setiap hari akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi terutama pada anak. Banyak ahli mengatakan bahwa kacang almond membuat anak-anak memiliki pemikiran yang tajam dan lebih aktif.
- Menjaga kelancaran peredaran darah, jantung dan menghindarkan kanker.
- Jika mengonsumsi susu kacang almond alami, tubuh tidak akan mengalami kegemukan karena kacang almond tidak mengandung terlalu banyak kalori.
- Untuk para wanita, minyak almond sangat bagus diaplikasikan pada rambut karena akan membuatnya lembut, menghilangkan kekeringan dan mengurangi kerontokkan.
- Minyak almond juga sering digunakan karena khasiatnya yang baik untuk kulit. Vitamin E pada kacang almond mampu menghidrasi dan melembapkan hampir semua jenis kulit. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai obat untuk kulit kering, gatal dan penyakit kulit.

Sekarang kita sudah mengetahui manfaat dari kacang almond baik untuk kesehatan maupun untuk kulit. Semua orang bisa mengonsumsi kacang almond, akan tetapi bagi beberapa orang, almond dapat mengakibatkan alergi yang gejalanya bervariasi dari gejala lokal (misalnya contact urticaria) hingga gejala sistemik (misalnya angioedema, urticaria, atau juga rasa tidak nyaman di perut/saluran pernafasan).

Untuk anak-anak, kacang almond bagus untuk kesehatan otak. Karena, banyak manfaat dari kacang almond untuk kesehatan kulit, otak dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar